Home » » Kelompok sosial | Resume

Kelompok sosial | Resume

Posted by E-LEARNING on Wednesday 4 December 2019


Sebagai makhluk Tuhan, manusia memiliki dua predikat sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Dalam kehidupannya, manusia memiliki naluri gregariousness. Ada 2 hasrat manusia, yaitu : keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain, & keinginan untuk menjadi satu dengan lingkungan alamnya. Keinginan manusia untuk menjadi satu dengan manusia lainnya, dimanifestasikan dalam bentuk hidup bersama/berkelompok.

Soerjono Soekanto menyebutkan syarat-syarat terbentuknya kelompok sosial sebagai berikut : adanya kesadaran individu sebagai anggota suatu kelompok, adanya hubungan timbal balik antaranggota, adanya faktor pengikat, memiliki struktur dan norma, dan bersistem dan berproses.

Faktor-faktor pembentukan kelompok sosial diantaranya yaitu persamaan genealogis, persamaan teritorial, persamaan kepercayaan, persamaan kepentingan dan lain-lain.
Klasifikasi
Tipe
Ket
1. Hubungan sosial
2. Ikatan sosial
3. Pembagian kerja
4. Identitas diri
5. Sistem hubungan
6. Besar kecilnya kelompok
7. Acuan bersikap
8. Terbentuknya kelompok
Kel. primer & sekunder
Gemmeinschaft & gesselschaft
Solidaritas mekanik & organik
In group & out group
Formal dan informal
Monad, dyad, tryad
Membership & refference group
Nyata dan semu
CH.Colley
F. Tonnies
E. Durkheim
Sumner
G. Simmel

Kelompok primer merupakan kelompok sosial yang pertama kali dijumpsi individu untuk saling mengenal, berinteraksi, dan bekerja sama cukup erat. Hubungan antaranggota akrab, personal, spontan, sentimentil, dan ekslusif. Kelompok sekunder merupakan suatu kelompok besar yang terdiri dari banyak orang, hubungannya tidak harus saling mengenal secara pribadi, kurang akrab, dan sifatnya tidak begitu langgeng karena mereka berkumpul berdasarkan asas manfaat dan kepentingan yang sama.

Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama dimana anggota-anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni & bersifat alamiah serta kekal. Patembayan adalah ikatan lahir yang bersifat pokok untuk jangka waktu yang pendek& bersifat kontraktual.

Solidaritas mekanis menjadi karakteristik kehidupan masyarakat desa yang masih sederhana, jumlah relatif sedikit & teknologinya sederhana, cenderung interaksi dengan tatap muka. Solidaritas organis menjadi karakteristik kehidupan masyarakat maju yang kompleks, dengan pembagian kerja yang jelas.

In group adalah kelompok sosial, dimana individu mengidentifikasikan dirinya. Out group adalah kelompok sosial yang oleh individu diartikan sebagai “lawan” in groupnya.

Formal group adalah kelompok yang memiliki peraturan tegas, dan sengaja dibentuk oleh anggotanya untuk mengatur hubungan antarsesamanya. Informal group adalah kelompok sosial yang tidak mempunyai struktur dan organisasi yang jelas dan tegas.

Membership group merupakan suatu kelompok dimana setiap orang secara fisik menjadi anggota tersebut. Reference group adalah kelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang (bukan anggota kelompok tersebut) untuk membentuk pribadi dan perilakunya.

Thanks for reading & sharing E-LEARNING

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts