Home » » BAB 1 PERKEMBANGAN DAN DAMPAK PERANG DINGIN TERHADAP KEHIDUPAN POLITIK DAN EKONOMI GLOBAL (SEJARAH KONTEMPORER DUNIA)

BAB 1 PERKEMBANGAN DAN DAMPAK PERANG DINGIN TERHADAP KEHIDUPAN POLITIK DAN EKONOMI GLOBAL (SEJARAH KONTEMPORER DUNIA)

Posted by E-LEARNING on Sunday 24 February 2019

A. RUNTUHNYA JERMAN TIMUR
• Latar Belakang
Seusai dengan Perjanjian Postdam Perang Dunia 2 yaitu terjadinya:
Demokratisasi zona timur yang dipimpin oleh gorbachev, keberanian ribuan orang yang melakukan perjuangan untuk menuntuk kebebasan mereka. Republik demokratik Jerman Timur: yang dipimpin oleh Uni Soviet, Republik Federal Jerman Barat yang dipimpin oleh AS, Britania Raya, dan Prancis. Namun masyarakat jerman tidak setuju dengan dibagi menjadi 2 wilayah terutama Jerman Timur. Perekonomian di jerman barat juga lebih tinggi dari Jerman Timur. Lalu Pemerintah jerman timur membentuk Tembok Berlin 13 agus 1961 dibawah pimpinan Wolter dan Masyarakat Jerman Timur tidak mau menganut pemerintahan komunis.

• Jalannya Peristiwa
4 september 1989 (Demonstrasi senin) untuk menuntut berbagai hak dan kebebasan.
Pada 1989 akhirnya masyarakat Jerman Timur berdemonstrasi buat ngelawan rezim partai.
19 oktober 1989 Erich Honecker mengundurkan diri sebagai sekretaris jendral SED.
8 november 1989 SED (persatuan partai sosialis jerman) menyerahkan kekuasaannya di polit biro dan mengundurkan diri dari sekretaris jendral SED.
9 November 1989 akhirnya Tembok Berlin runtuh karena adanya euforia dari Jerman Barat dan Jerman Timur.
18 Maret 1990 mengadakan pemilu untuk pemilihan dewan rakyat dan persiapan penggabungan ke Republik Federal diadakan di Republik Demokratik Jerman
12 September 1990 ditandatanganinya Traktat Two Plus Four yang berisi kedaulatan penuh bersatunya Jerman
3 Desember 1990 diadakannya pemilu untuk memilih anggota parlemen.

• Penyelesaian
Konflik ini berakhir dengan Runtuhnya Tembok Berlin dan adanya traktat Two Plus Four yaitu penandatanganan berkabungnya jerman barat dan timur menjadi satu.


B. KONFLIK KOSOVO DAN IRLANDIA UTARA
IRLANDIA UTARA
• Latar belakang: 
Adanya kaum imigran Inggris yang menduduki Irlandia Utara menyebar Agama Protestan sehingga terjadi bentrok dengan agama katolik di Irlandia Utara.

• Jalannya Peristiwa:
1912 - 1922 masih perang sipil, nasional ngerasa diskriminasi mengupayakan resolusi, bikin kekuatan sendiri, aksi mogok tentara, konflik menghasilkan Traktar Anglo Inggris (rakyat masih merupakan bagian dari ringgris sisanya yang masih penduduk asli di- merdekakan) terjadinya perang antara Katolik - Protestan dan yang memenangkan perang tersebut adalah Protestan.
1966 1998 perang bersenjata, perjanjian pertempuran selalu gagal karena Katolik menginginkan semua bersatu tapi Protestas tidak mau bersatu dengan Katolik maunya berpisah.
Bom di Manchester menghasilkan perjanjian Belfest Jumat Agung 
1947 2010 perkumpulan tidak setuju dijadikan satu.

• Penyelesaian: 
Tahun 1947 Perjanjian Belfest (Dibagi menjadi 2 yaitu Irlandia Utara yang dominan protestan, dan Republik Irlandia yang dominan katolik)

PERANG DI KOSOVO
• Latar Belakang: 
Dicabutnya otonomi kosovo sejak milosovic memerintah yugoslavia 1987.

• Jalannya Peristiwa:
1991 Wilayah Yugoslavia mulai memerdekan diri termasuk kosovo tapi diakui sama Yugoslavia sampai Yugoslavia mengirim pasukan Serbia ke Kosovo.
1997 Kosovo membentuk pertahanan untuk memerdekakan Kosovo dan perlindungan pasukan Serbia.
1998 adanya perjanjian damai Yugoslavia (Serbia) denan NATO namun gagal karena  Yugoslavia tidak terima kalau NATO menaruh pasukannya di Kosovo
1999 NATO menyerang pasukan Serbia di Kosovo yang menyebabkan pasukan serbia mundur.

• Penyelesaian: 
Milosevic menerima syarat damai NATO dan mengambil alih kekuasaan kosovo, kosovo merdeka tahun 2008

C. PERANG SIPIL LIBERIA
• Latar belakang: 
Terdapat 2 golongan utama di Liberia yaitu 95% kulit hitam pribumi, 5% kulit hitam Amerika Serikat, namun AS lebih mendominasi politik di Liberia.

• Penyelesaian: Tidak ada yang menang, rezim K. Doe di Liberia jatuh di tahun 1990, Charles Taylor menang atas pemilu yang diadakannya.

D. KONFLIK ASIA TIMUR (KONFLIK TIONGKOK- PERANG KOREA)
KONFLIK TIONGKOK
• Latar Belakang:
Amerika Serikat dan Uni Soviet mencari aliansi di wilayah Asia. Terdapat 2 partai yaitu Partai China Kuomintang (nasionalis) dan Partai Komunis China (komunis).

• Penyelesaian: 
Tiongkok menjadi negara komunis dan bersaing dengan Uni Soviet memperebutkan posisi pemimpin komunis terkuat di dunia karena 1956 hubungan Tiongkok dan Uni Soviet pecah.

PERANG KOREA
• Latar Belakang: 
Uni Soviet terlibat perang Asia Pasifik, Amerika takut korea dipengaruhi Komunis dari Uni Soviet.

• Penyelesaian:
1953 Presiden Amerika Serikat diganti menjadi Eisenhower. Ia adalah tokoh yang menghilangkan keterlibatan AS dalam konflik di Korea. Namun korea tetap terpecah menjadi Korea Utara (komunis) dan Korea Selatan (nasionalis).

E. HAPUSNYA POLITIK APARTHEID DI AFRIKA SELATAN (1948 - 1993)
• Latar Belakang:
Kependudukan belanda di Afrika Selatan tahun 1652 membuat Tanjung Harapan,  awalnya Belanda tidak mau adanya diskriminasi namun tahun 1795 Inggris ke Afrika Selatan untuk menguasai tambang emas , Inggris dan Belanda perang lalu Inggris menang. Negara Inggris dengan orang Belanda di Afrika Selatan, membuat UU AsiaAfrika membatasi orang-orang Afrika dibidang sosial, ekonomi, politik dan budaya. Dan Inggris membuat UU yang melarang perkawinan campuran antara masyarakat kulit putih dengan masyarakat kulit hitam.

• Jalannya Peristiwa:
Perang Anglo Inggris dengan Belanda 1 dan 2
Treaty Vereninging Inggris menghormati hak asasi kaum kulit putih.
Apartheid periode 1 1948 : Program Baskap, menendang sejauh mungkin kulit hitam d kulit putih, bisa digaji dengan harga murah, turun UU larangan untuk nikah campur.
Apartheid periode 2 1958: Hendrick Voerwoed menjadi PM dan membuat program pembangunan terpisah.

• Penyelesaian:
Setelah banyaknya pemberontakan yang dilakukan rakyat Afrika Selatan akhirnya Nelson Mandela menjadi presiden di Afrika Selatan.

F. KONFLIK DI AMERIKA LATIN
REVOLUSI KUBA
• Latar Belakang: 
Fulgencio Batista sewenang-wenang dalam mengatur rakyatnya sehingga mereka sengsara (Internal), adanya intervensi Amerika Serikat dan penggulingan Jarcobo Arbenz (Eksternal)

• Penyelesaian: Fulgencio Batista melarikan diri ke Republika Dominika, Kuba menjadi negara komunis yang berkembang dan Amerika Serijat mengembargo Kuba

KRISIS MISIL KUBA
• Latar Belakang: 
Hubungan Amerika Serikat dan Kuba tidak baik, Fidel Castro ingin menjatuhkan Fulgencio Batista karena bekerjasama dengan Amerika Serikat, Fulgencio Batista jatuh dan digantikan oleh Fidel Castro (tidak disukai Amerika Serikat) akhirnya AS mengembargo ekonomi di Kuba, terjadi konflik dengan saling mendirikan pangkalan rudal.

• Penyelesaian: 
Mengadakan pertemuan antara AS (Kennedy) dengan Kuba (Khruschev) yang hasilnya AS mencabut pangkalan rudalnya di turki, dan Uni Soviet akan mencabut pangkalan rudalnya di Kuba, kedua belah negara tidak akan saling mengancam satu sama lain

G. RUNTUHNYA VIETNAM SELATAN
• Latar Belakang:
Vietnam Selatan runtuh disebabkan oleh Terhentinya bantuan AS, Vietnam Utara terus membombardir Vietnam Selatan.

• Penyelesaian: 
Vietnam Selatan menyerah tanpa syarat kepada Vietnam Utara dan terjadi reunifikasi.

H. PECAHNYA UNI SOVIET (USSR)
• Latar Belakang:
Uni Soviet kalah pada Perang Dunia 1 yang menyebabkan turunnya Tsar Nicholas 2 karena pemerintahannya yang otoriter dan ketidakpuasan Kaum Bolshevik terhadap keterlibatan Unisoviet dalam Perang Dunia 1, lalu muncul Lenin dari partainya yaitu Boleshvik Revolusi dan membentuk USSR (Union of Soviet Socialist Republic). Lalu Lenin digantikan dengan Stalin dan membuat kebijakan "Great Purge" tahun 1937 yaitu pembersihan massal lawan-lawan politik.

• Penyelesaian:
Mikahil gorbachev membuat 3 kebijakan untuk Uni Soviet yaitu:
- Glasnost: 
Keterbukaan politik melepas tahanan-tahanan Stalin dan pembebasan 'Pers' untuk mengkritik pemerintah.
- Perestroika: 
Rekstrukturisasi ekonomi yaitu membolehkan swasta berinvestasi dan buruh mendapatkan hak mogok.
- Democratizatsya:
Demokrasi terutama politik yaitu diadakannya pemilihan umum dan bebas memilih wakil rakyat

Dari 3 kebijakan yang dikemukakan oleh Michael Gorbachev malah menyebabkan runtuhnya Uni Soviet, sistem pemerintahan mengalami perubahan lama kelamaan negara-negara bagian melepaskan diri dari Uni Soviet, sistem ekonomi terbuka menyebabkan masuknya Liberal dan Kapitalis, paham Kapitalis lebih cocok menurut buruh dan Pemboikotan ekonomi oleh Amerika Serikat yang menyebabkan minyak gas Uni Soviet turun.

I. PECAHNYA YUGOSLAVIA
Yugos tahun 1918 dan menjadi 6 negara bagian dan 2 provinsi otonom. 6 negara bagian yaitu (bosnia dan herigozevina, serbia, slovenia, makedonia, montenegro, dan kroasia) dan 2 provinsi otonom (vojvodina dan kosovo).

• Latar Belakang: 
Karena perokonomian yang buruk disebabkan karena banyaknya utang, Serbia ingin menguasai Yugoslavia, dan kematian Broz Tito yang meninggalkan banyak masalah tahun 1980.

• Penyelesaian:
Diadakannya Perjanjian Dayton tanggal 14 Desember 1995, isinya perjanjian perdamaian selama wilayah Yugoslavia tinggal Montenegro dan Serbia dan tahun 2006 Montenegro dan Serbia memecahkan diri yang menandakan bubarnya Yugoslavia.

J. KONFLIK DI TIMUR TENGAH
PERANG TELUK 1 (IRAN Vs IRAK)
• Latar Belakang: 
Revolusi Islam Iran, persaingan dan ketengangan bangsa Arab dan Persia, konflik minoritas, perebutan Shatt Al-Arab

• Penyelesaian:
Genosida kaum Kurdi oleh Ali Hasan Al-Majid dengan menggunakan gas kimia, Resolusi PBB menyuruh Iran dan Irak gencatan senjata.

PERANG TELUK 2 (Perang Kuwait)
• Latar Belakang:
Kuwait menambang minyak namun melebihi kuota yang menyebabkan harga minyak turun di pasaran sehingga Kuwait menjadi unggul, Irak mengambing hitamkan Kuwait dan menuduh Kuwait ngambil minyak Irak. Irak mengakui wilayah Kuwait sebagai wilayahnya.

• Penyelesaian:
Pengiriman misi diplomatik PBB tahun 1991 namun ditolak sama Irak karena ditolak akhirnya PBB memberikan sanksi kepada Irak dan Rezim Sadam Husain kembali ke Irak, Pesawat Irak dilarang terbang di zona tertentu.

PERANG TELUK 3 (Irak Vs Amerika)
• Latar Belakang:
Amerika menuduh Irak mempunyai senjata pembunuh massal dan Amerika ingin melindungi Israel.

• Penyelesaian:
Berakhirnya Rezim Sadam Husain dan dibunuhnya Sadam Husain, lalu ada Invasi dan Okupasi, orang yang bekerja dengan Sadam Husain menjadi ekstrimis, terjadinya Civil War (Perang Civil Irak).

K. PERANG CEKOSLOVAKIA
• Latar Belakang:
Perbedaan kondisi infrstruktur dan masyarakat kedua negara di Ceko dan Slovakia, Ceko menganggap Slovakia menjadi beban dan Slovakia merasa di-"Anak Tirikan" , setelah komunisme runtuh kedua negara sepakat akan lebih maju jika kedua negara dipisahkan

• Penyelesaian:
Pertengahan November 1992 perwakilan Ceko yaitu Vaclav Klaus bertemu dengan perwakilan Slovakia yaitu Vladimir Mecior berunding untuk membahas jalan keluar yanh terbaik dari perundingan dapat 2 pilihan:
1. Federasi yang lebih kuat maksudnya kekuasaan terbesar dipegang ke negara bagian.
2. Membentuk kedua negara yang merdeka.
Pada November 1992, majelis federal mengesahkan UU No. 541 yang berisi tentang pembagian properti antara Ceko dan Slovakia lalu tanggal 25 Desember di tahun yang sama kedua negara memisahkan diri namun tanpa adanya perpecahan/berdamai.

L. PEOPLE POWER PHILIPIN/GERAKAN RAKYAR FILIPINA
• Latar Belakang:
Kekuasaan Marcos yang otoriter, keadaan ekonomi yang memburuk, banyaknya politik yang KKN, Industri di Filipina tidak ada yang berkembang karena pemerintah tidak mendukung industri masyarakatnya dan pembunuhan Beniqno Simeon "Ninoy" Jr yaitu wartawan pers atau tokoh politik yang mengecam pemerintahan Marcos.

• Penyelesaian:
November 1985 Marcos mengatakan akan membuat Pemilihan Umum pada 7 Februari 1986 setelah pemilihan umum itu ternyata Marcos lagi yang memenangkan suara banyak masyarakat yang berpikir hahwa pemilu itu dicurangkan sampai Mentri Pertahanan Filipina dan Wakil Kepala Staff Angkatan Bersenjata menyatakan tidak mendukung Marcos akhirnya Marcos kabur ke Honolulu, Hawaii dan yang menjadi Presiden Filipina adalah Corazon Aquino yaitu istri dari Benigno Simeon "Ninoy" Jr.

M. PERANG INDO-CINA
• Latar Belakang:
Setelah Kamboja merdeka dari Perancis, Kamboja dipimpin oleh Pangeran Norodom Sihanouk. Di bawah kepemimpinannya, Kamboja kemudian menggunakan sistem pemerintahan monarki konstitusional. Pada saat itu kaum komunis Vietnam diperbolehkan menggunakan pelabuhan yang berada di Kamboja untuk memasok persenjataan dan makanan. Amerika juga diberi izin untuk mengebom tempat bersembunyinya pasukan Viet Cong  di Kamboja. Dengan memberikan izin kepada Vietnam dan Amerika, ini menjadikan Kamboja sebagai wilayah peperangan Vietnam. Banyaknya tentangan membuat Norodom Sihanouk digulingkan dari jabatannya sebagai presiden oleh Jenderal Lon Nol pada tahun 18 Maret 1970.

• Penyelesaian:
Indonesia melalui ASEAN menawarkan sebagai mediator dan disetujui. Kemudian, diselenggarakanlah Jakarta Informal Meeting (JIM), dan dilaksanakan sebanyak tiga kali. Penyelenggaraan JIM didukung oleh Dewan Keamanan PBB. Kemudian, Dewan Keamanan PBB mengusung pemerintahan transisi di Kamboja dengan membentuk United Nation Transitional Authority in Cambodia (UNTAC). Vietnam pun sepakat untuk mundur dari wilayah Kamboja pada pertemuan JIM ke II.

N. KONFLIK DI ASIA SELATAN
KONFLIK KASHMIR (1947)
• Latar Belakang:
Wilayah Kashmir adalah perbatasan antara India-Pakistan karena hal inilah terjadi perebutan wilayah kashmir antara kedua negara tersebut. Namun 94% penduduk Kashmir beragama islam jadi penduduk Kashmir ingin masuk ke pakistan daripada India. Namun pada saat itu india udah menguasai kashmir dan tahun 1932 penduduk kashmir melakukan pemberontakan dengan membuat parpol yg dibentuk oleh Syeikh Abdullah dengan nama "The Jammu & Kashmir Muslim Conference" yang tujuannya untuk nentang pihak pemerintah India yang waktu itu dipimpin oleh Maharaja Hari Singh yang terkenal kejam. Tahun 1934 pemerintah india di Kashmir jadi melunak karena pemberontakan dari penduduk Kashmir akhirnya Pemerintah India memperbolehkan penduduk Kashmir untuk mendirikan DPR dan menentukan nasibnya sendiri namun geraknya masih terbatas.

• JALANNYA PERISTIWA:
Konflik ini terbagi menjadi 4 Perang
- Perang I, 1947
Pakistan merebut 1/3 wilayah kashmir namun digagalkan india dgn mengirim pasukan bersenjata. Tgl 13 Agustus 1948, PBB mengeluarkan resolusi dengan membagi wilayah Jammu dan Kashmir menjadi 2 wilayah dan memberikannya kepada India dan Pakistan namun kedua negara terse menolak.
- Perang II, 1965
Pakistan ingin merebut wilayah teritori kashmir yg ada di India dan ingin menimbulkan pemberontakan namun berhasil digagalkan dan india membalas penyerangan tersebut dengan mengambil sebagian wilayah pakistan.
- Perang III, 1971
Perang ini bukan karena perebutan wilayah kashmir melainkan India membantu Pakistan Timur untuk menjadi negara merdeka yang nantinya dikenal dengan nama "Bangladesh".
- Perang IV/Perang Kargil, 1999
Perang ini dikenal dgn "Perang Kargil" karena terjadi di wilayah Kargil, Kashmir. Pakistan menyerang pos tentara india yang ada di kargil namun lagi-lagi digagalkan india dan india mengisolasi diplomatik pakistan.

• Penyelesaian: 
Konflik Kashmir ini masih terjadi hingga sekarang dan antara 2 negara tersebut sampai sekarang belum mau menyelesaikan konflik tersebut

KONFLIK BANGLADESH (Bangladesh Vs India) (2001)
• Latar Belakang: 
Konflik ini terjadi antara Bangladesh-India tahun 2001 karena adanya pembagian wilayah Benggala tahun 1971 yang masih belum jelas.

• Jalannya Perang:
- tgl 16 April 2001 Bangladesh mengirimkan 5 Batalyon dan menyerang tentara india di wilayah India yang ada di Pyrdiwah lalu India mengklaim bahwa Bangladesh menyandera 20 tentaranya, penyerangan bangladesh dibalas dengan menyerang balik wilayah bangladesh di Kurigram.
- Tentara india mengambil desa-desa bangladesh yang berada di wilayah tersebut.

• Penyelesaian: 
Konflik berakhir dengan adanya status Quo Ante Bellum yaitu keadaan dimana semuanya kembali seperti semula sebelum terjadinya perang.

Thanks for reading & sharing E-LEARNING

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts